WhatsApp Android di perangkat BlackBerry 10

Perangkat BlackBerry dengan Sistem Operasi BlackBerry 10 dapat menginstal dan menjalankan aplikasi WhatsApp dengan baik, dengan syarat yaitu WhatsApp yang diinstal harus WhatsApp untuk Android yang memiliki ekstensi .apk karena WhatsApp sudah menghentikan dukungan untuk seluruh produk BlackBerry sehingga WhatsApp yang tersedia di BlackBerry World sudah tidak dapat digunakan.

Maka dari itu, pengguna BlackBerry 10 harus menggunakan cara lain yaitu dengan menginstal WhatsApp untuk Android berekstensi .apk karena seluruh perangkat BlackBerry 10 didukung oleh Android runtime yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi Android apk.

Selain itu, perangkat harus telah terinstal minimal OS 10.3.2. misalnya 10.3.2.2836 agar dapat menginstal aplikasi Android berekstensi .apk karena jika tidak, maka Android runtime tidak akan berfungsi.

PENGUMUMAN

  • Artikel tentang cara menginstal WhatsApp Android versi baru di BlackBerry 10 ini telah diperbarui dan dipindahkan ke halaman baru. Kamu boleh mengunjunginya di sini : Cara menginstal WhatsApp Android apk di BlackBerry 10

  • Fitur komentar di halaman ini telah dinonaktifkan, jadi kamu boleh berkomentar di halaman baru tersebut

Kenapa artikelnya dipindahkan?

  • Artikel baru tersebut ditulis lebih lengkap, lebih detail, disertai video sederhana tentang proses instalasi WhatsApp di perangkat BlackBerry 10 dan juga akan selalu diupdate karena banyaknya pengguna BlackBerry 10 yang antusias terhadap cara menginstal WhatsApp di perangkat BlackBerry 10 serta masih banyak dari mereka yang masih kesulitan melakukan proses penginstalan sehingga aLezof akan berusaha membantu lewat tulisan maupun video.

  • Selain itu, artikel ini sudah terlalu lama semenjak diterbitkan. Akan tetapi, juga merupakan artikel yang memiliki pengunjung paling banyak dibandingkan artikel lainnya.

Cara menginstal Whatsapp Android di BlackBerry 10

Catatan : Beberapa pengguna menemukan bahwa WhatsApp Android apk dapat diinstal dan digunakan dengan baik di perangkat BlackBerry 10 tanpa adanya BlackBerry Google ID dan Play Store.

Kecuali jika kamu masih kesulitan menginstal WhatsApp Android di perangkat BlackBerry 10 maka kamu boleh ikuti cara aLezof di bawah ini.

Menggunakan BlackBerry Google ID Cobalt

  1. Instal BlackBerry Google ID Cobalt.

    Aplikasi ini akan bekerja sebagai Android framework di perangkat BlackBerry 10 jadi kamu wajib menginstalnya.

    Untuk melengkapi kinerja framework Android di BlackBerry 10, kamu juga harus menginstal beberapa aplikasi khusus lainnya dan untuk caranya kamu boleh baca di artikel baru pada link di atas.

  2. Download WhatsApp Android di Play Store.

    Kamu harus download versi terbaru dari WhatsApp Android di Play Store, jangan di BlackBerry World karena WhatsApp BlackBerry sudah tidak akan bekerja lagi. Tutorial lengkapnya boleh dibaca di artikel baru.

  3. Instal WhatsApp.

    Setelah WhatsApp diinstal lalu buka dan ikuti petunjuk selanjutnya yang disarankan oleh aplikasi WhatsApp. Selengkapnya, boleh baca di artikel baru.

Catatan : Untuk memperbarui aplikasi WhatsApp dapat dilakukan secara langsung melalui Play Store

Tanpa menggunakan BlackBerry Google ID Cobalt

  1. Kunjungi situs tempat download aplikasi Android apk.

  2. Kamu boleh kunjungi salah satu situs terpercaya yang menyediakan aplikasi Android untuk diinstal di handphone kamu, beberapa di antaranya yaitu situs apkpure dan situs apkmirror. Caranya boleh baca di artikel baru.

  3. Download aplikasi WhatsApp apk terbaru.

    Setelah berada di situs tempat download aplikasi Android, kamu cari aplikasi WhatsApp apk versi terbaru dan mulailah mendownload lalu menginstalnya di perangkat BlackBerry 10.

Catatan : Untuk memperbarui aplikasi WhatsApp, kamu harus kembali mengunjungi situs tempat download aplikasi Android apk.

Catatan lainnya

(Dites di BlackBerry Z10 STL100-1 London)

  • WhatsApp dari BlackBerry World masih dapat diinstal di perangkat BlackBerry 10 tapi aplikasi tak akan bekerja karena tidak akan dapat memverifikasikan nomor telepon.

  • ALezof pernah mengalami WhatsApp Android tidak bekerja di perangkat BlackBerry 10 dan aLezof belum tahu penyebab pasti dari masalah tersebut. Tapi, kemungkinan besar yaitu aplikasi tersebut adalah versi lama karena aLezof mendownload di luar Play Store.

    Dan notifikasi yang muncul yaitu ponsel yang digunakan tidak didukung. Maka dari itu, pastikan kamu mendownload WhatsApp versi terbaru di Play Store.

  • Pada beberapa saat ketika WhatsApp mempersiapkan diri, terjadi sebuah konflik dengan Play Store dan muncul pemberitahuan "Sayangnya, Layanan Google Play telah berhenti." dan kamu tak usah khawatir, abaikan saja hal ini karena tak berpengaruh apapun.

  • Sama halnya dengan Facebook Android di BlackBerry 10, pun WhatsApp Android di BlackBerry 10 dapat mengirimkan pemberitahuan ke BlackBerry Hub dan pemberitahuan dari WhatsApp ini akan muncul di tab Pemberitahuan.

  • Hingga saat ini (2 Januari 2018) WhatsApp Android bekerja dengan baik di perangkat BlackBerry 10 tanpa adanya crash ataupun bug sehingga kamu bisa dengan nyaman menggunakan WhatsApp versi terbaru di perangkat BlackBerry 10.

  • Kecuali untuk fitur panggilan telepon dan video call, aplikasi ini tak mampu berjalan dengan baik karena bahkan pada beberapa jenis perangkat Android pun banyak yang mendapatkan kedua fitur tersebut tidak berjalan dengan baik pada perangkat mereka. Tapi kamu boleh coba menggunakan fitur tersebut melalui jaringan wifi karena biasanya hal itu terjadi karena masalah jaringan yang tak stabil atau boleh jadi karena jenis paket data internet yang tak sesuai.

    Info Penting..!!

    Seluruh bug pada WhatsApp Android apk di perangkat BlackBerry 10 sudah berhasil diatasi dengan baik dari mulai panggilan telepon, video call, hingga WhatsApp tidak bisa kirim gambar foto dan video telah diperbaiki dengan cara menggunakan sebuah aplikasi khusus.

    Kamu boleh lihat di sini : Cara mudah memperbaiki WhatsApp Android apk BlackBerry 10 tidak bisa mengirim gambar foto dan video

Itu saja catatan yang bisa disampaikan untuk saat ini 'dan mungkin bila nanti' ada perubahan maka aLezof akan berusaha dengan segera untuk mengupdate informasi.

Screenshot dan tutorial terbaru dan terlengkap boleh lihat di sini : Cara menginstal WhatsApp Android apk di BlackBerry 10.

© aLezof

Artikel Menarik Lainnya

Post Terbaru Post Sebelumnya

49 komentar:

Komentar kamu akan dimoderasi terlebih dahulu, jadi mohon bersabar ya..

  1. Download apk.nya gmn y

    BalasHapus
  2. Download Whatsapp apk nya di Google Play Store yang sudah diinstal di BlackBerry 10, jika tak ada Play Store maka silakan diinstal dulu dengan bantuan BlackBerry Google ID Cobalt, semoga berhasil ya..

    BalasHapus
  3. Kenapa apk whatsapp di BlackBerry z10 selalu blg atau crash padahal sudah mengikuti tutorial diatas.
    Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran alezof : saat akan menggunakan Whatsapp apk di BlackBerry 10, jangan terlalu cepat saat membuka dan menutup aplikasi tersebut karena Whatsapp dan beberapa aplikasi apk lainnya membutuhkan waktu agak lama untuk memulai ataupun menjalankan perintah (waktu lag kurang lebih sekitar 3-5 detik)

      Hapus
  4. Sudah instal semua. Tapi saat aplikasi WA dibuka muncul " whatsapp tidak akan berjalan tanpa layanan google play, yang tidak didukung oleh perangkat anda"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara 1 > Periksa apakah perangkat sudah memiliki Google Service Framework ID (GSF ID) dengan cara buka BlackBerry Google ID lalu setelah masuk akan terlihat barisan nomor ID sebanyak 16 digit, jika tak ada maka pilih Obtain A Google ID.
      Cara 2 > Masuk Play Store cari Whatsapp, jika terdapat tulisan semacam "aplikasi tidak sesuai untuk perangkat anda" (seperti pada Google Plus di Play Store) maka aplikasi tidak akan dapat digunakan di perangkat, tapi jika tak ada tulisan tersebut maka permasalahan ada di BlackBerry Google ID ataupun peralatan Google lainnya.
      Semoga berhasil..

      Hapus
  5. Apakah perlu mendownload android runtime?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Android runtime sudah menyatu dengan sistem operasi BlackBerry 10, jika maksud agan adalah BlackBerry Google ID (sejenis emulator untuk Android di BlackBerry 10) maka itu perlu.

      Hapus
  6. Tolong buat channel youtube bang dan kasih disitu tutorialnya karena mudah dipahami kalo melalui video
    Saran aja bang alezof

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih agan Haris atas usulannya, nanti dilihat dulu seandainya sudah ada yang membuat video tutorial yang bersangkutan di Youtube maka alezof tak akan buat.
      Terima Kasih

      Hapus
  7. Di bb world ga ada bb id cobald

    BalasHapus
    Balasan
    1. BlackBerry Google ID Cobalt tidak ada di BB World, tapi hanya ada di alamat ini : https://cobalt232.github.io/playstore/
      Dan untuk panduan instalasinya bisa kamu lihat di post alezof, atau di Youtube juga banyak, Good Luck..

      Hapus
  8. Kalo wa ga bisa di instal karna anda sudah memasang versi terbaru gimana?
    Padahal instal wa aja belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Periksa daftar aplikasi di 'Penyimpanan dan Akses' jika terdapat aplikasi Whatsapp, silakan dihapus dulu lalu install versi yang diinginkan.
      2. Jika telah terinstal BlackBerry Google ID Cobalt, periksa daftar aplikasi di 'BlackBerry Google ID >> Android Setting', dan juga di 'daftar aplikasi Play Store', jika terdapat aplikasi Whatsapp, silakan dihapus dulu lalu install versi yang diinginkan.
      Jika dalam proses menghapus terjadi crash, maka solusinya bisa dilihat disini : Menghapus aplikasi android .apk BlackBerry z10
      3. Jika tidak pernah sekalipun menginstal Whatsapp sedangkan pemberitahuan menyebutkan 'anda telah menginstal Whatsapp versi terbaru' maka kemungkinan itu adalah kesalahan system yang mana solusinya yaitu harus dilakukan flashing

      Hapus
  9. Setiap proses download playstore mau running eh ternyata notifikasinya " Sayang, Google Play Store telah berhenti" kenapa tuh gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download aplikasi di Play Store Android atau di Play Store BlackBerry 10?
      Karena "Sayangnya, Google Play Store telah berhenti" sangat jarang terjadi di BlackBerry 10, jikapun terjadi itu tidak akan menyebabkan crash pada aplikasi yang sedang dibuka lain halnya dengan Android OS yang mungkin terjadi crash pada aplikasi saat terdapat notifikasi tersebut.
      Tapi jika bertanya kenapa, maka jawabannya yaitu :
      - pada BlackBerry 10 : karena BB10 OS tidak 100% kompatibel dengan Google Framework
      - pada Android : kesalahan system yang gagal mengeksekusi perintah karena disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu processor yang tidak dapat meng-handle multitasking.

      Hapus
    2. Gan saya juga demikian, ga bisa download dari playstorenya, masuknya sih bisa, nyari aplikasinya bisa, tapi begitu kita pilih untuk instal, dan kita accept, dia loading untuk mendowonload dan setelah itu keluar attention seperti di atas sehingga ga bisa download dari playstore gan, ada solusinya untuk ini ? saya pake BB z10 STL-1 OS 10.3.2.xxxxx

      Hapus
    3. Untuk agan Joshua kemarin alezof sudah coba cari solusi karena BlackBerry z10 STL100-1 London punya alezof juga sama, hal tersebut terjadi setelah saya mengganti paket internet.
      Ada 2 solusi :
      1. cobalah menggunakan paket internet yang normal (bukan promo yang murah") saya juga biasa pakai paket internet Tri Reguler (kuota ++) tapi ketika mencoba paket promo, masalah di Play Store mulai muncul
      2. Solusi terbaik dan pasti fix 100% yaitu memakai koneksi wifi, sudah alezof buktikan kemarin.
      Semoga terbantu ya..

      Hapus
    4. gan saya sudah memakai wifi tapi kok masih ga bisa download yaa, masih timbul "sayangnya, google play store telah berhenti", itu gmn gan.?

      Hapus
    5. untuk agan romi, jika pemberitahuan tersebut tidak menyebabkan Play Store crash atau menutup, maka biarkan saja karena tidak akan menjadi masalah apapun.

      Hapus
  10. saya coba pada BB Q10 cukup download whatasapp.Apk nya, trus saya install spti biasa. work dan tdk ada masalah spy skr, dan kalau suda versinya terlalu lama WA nya minta pembaruan cukup diupdate spti biasa suda download sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti perangkat BlackBerry 10 nya bisa menggunakan aplikasi Whatsapp dengan baik ya.
      Okay, selamat ya..

      Hapus
  11. Ga bisa kirim atau terima file dokumen gambar video gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di BlackBerry alezof, hal itu terjadi karena masalah paket internet.
      alezof menggunakan paket internet Tri kuota ++ tapi ketika paket internet diganti maka tidak bisa melakukan panggilan suara, video, ataupun kirim gambar.
      Silakan dicoba, jika masalah masih terjadi maka solusi terbaik yaitu menggunakan koneksi wifi.
      Semoga berhasil..

      Hapus
  12. Kok gak bisa kirim gambar ya gan dr Whatsapp apk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya masalah jaringan dari paket internet yang digunakan, solusi terbaik yaitu memakai koneksi wifi.

      Hapus
  13. Gan saya kendala di waktu masuk WA nya, saya sudah sampai proses pengisian kode verivikasi, setelah itu ada tulisan "Whatsapp tidak akan berjalan tanpa google play service" lalu saya tekan ok, dan dia stuck di looking for backup up gan. Ada solusi untuk ini gan ? mohon pencerahannya gan, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba instal BlackBerry Google ID Cobalt, buatlah akun di aplikasi Akun Google.
      Jika terdapat pemberitahuan tidak dapat terhubung, coba pakai wifi terlebih dahulu untuk memulai karena setelah proses awal selessi, Whatsapp dan Play Store bisa digunakan dengan jaringan seluler tanpa wifi kecuali untuk beberapa fitur seperti panggilan video yang biasanya harus menggunakan koneksi wifi.

      Hapus
  14. Sy sudah verifikasi nomer tapi hanya loading di mencari cadangan, solusinya apa ya?? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diamkan beberapa menit hingga muncul notifikasi "sayangnya Play Store telah berhenti" setelah itu biasanya akan baik-baik saja, tapi jika dalam beberapa menit masih saja bermasalah maka cobalah menggunakan koneksi wifi.
      Semoga berhasil

      Hapus
  15. gan bbz10 punyaku buat chating kok wa sayanya berhenti tapi buat call dan video call lancar padahal pakai wifi mohon pencerahan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah setelah notifikasi "sayangnya.." kemudian WA crash (menutup)?
      Mungkin solusi ini bisa membantu :
      - Jika belum instal BlackBerry Google ID dan lainnya, silakan instal dulu.
      - Coba Whatsapp versi baru atau versi sebelumnya, karena untuk beberapa perangkat terdapat perbedaan kompatibilitas aplikasi seperti yg dialami para member CrackBerry.
      - Pastikan perangkat terinstal OS terbaru atau jika masih bermasalah silakan downgrade OS ke versi sebelumnya seperti di posting alezof tentang cara menghapus aplikasi Android di BlackBerry z10.
      Ditunggu kabar baiknya ya..

      Hapus
    2. Saya sudah turutin step di atas, pas buka chat WA langsung berhenti

      Hapus
    3. Coba instal Contact Share dari BlackBerry World, lalu buka aplikasi WhatsApp dan perbarui kontak.
      Cara diatas harusnya sudah dapat memperbaiki, tapi jika tidak mungkin ada masalah dengan system operasi.
      Apabila agan menggunakan perangkat BlackBerry Flagship semacam Classic atau Passport, boleh coba instal OS 10.3.3

      Hapus
  16. -Muncul notif "WhatsApp tidak akan berjalan tanpa layanan Google Play, yang
    tidak didukung oleh perangkat Anda"

    -Sudah instal Blackberry google ID hingga muncul 16 digit kode nya

    Mohon bantuan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Apakah sudah menginstal Play Store juga?
      -Jika semua peralatan Google sudah terinstal, coba restart perangkat
      -Jika masih bermasalah, coba gunakan wifi terlebih dahulu untuk mengakses Whatsapp
      Ditunggu ya kabar suksesnya..

      Hapus
  17. min mau tanya..
    saya udh berhasil download playstore di hp bb z10 saya, tapi kok ketika download aplikasi di playstore, slalu timbul plemberitahuan "sayangnya, google play store telah berhenti".
    itu knp ya min..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. notifikasi "sayangnya aplikasi telah berhenti" dikarenakan sistem sibuk tak mampu menghandle multitasking.
      pada BlackBerry 10, notifikasi "sayangnya aplikasi telah berhenti" biasanya tidak mengganggu kinerja aplikasi.
      alezof sering mengalami notifikasi ini tak hanya saat membuka Play Store tapi juga Whatsapp, Pinterest, Flickr, dan aplikasi Android lainnya kecuali Facebook Lite.
      Setelah menekan tombol 'oke' dibawah "sayangnya aplikasi telah berhenti" maka aplikasi kembali berjalan normal.

      Hapus
  18. Saya pemakai bb q10 saya suda ikuti cara di atas tapi kok banyak link yang gak bisa di download saran donk gan
    Atau mintak semua Link persi baru nya biar gampang donwload nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah dicoba mendownload Whatsapp di Play Store?
      Jika masih kesulitan, agan boleh request via email alezof pada menu kontak diatas untuk mendapatkan link download Whatsapp versi terbaru karena link dari beberapa situs tidak boleh dimasukan kedalam blog karena berkaitan dengan hak cipta.

      Hapus
  19. gan saya juga pengguna BBZ10 putih.
    dan saya juga sudah cukup lama pasang playstore termasuk whatsapp didalam HP yg terbilang tua ini.
    permasalahan nya di file manager, folder android ko banyak banget makan memory, bahkan kaya nya meng"klon" dari file asli BBz10 nya,
    saya coba hapus file yang ada di folder android tersebut, ternyata di memory blackberry pun ikut terhapus.
    Mohon pencerahannya suhu....
    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang seperti itu.
      Folder android ini adalah kumpulan data" dari seluruh perangkat.
      Bahkan dari mulai folder books hingga ke voice semuanya dicopy ulang (klon) kedalam folder misc > android.
      Sedangkan untuk folder misc > android > Android > data dan obb itu merupakan kumpulan data aplikasi (sama seperti perangkat Android) sehingga jika file didalam folder dihapus maka kemungkinan akan berakibat terhadap aplikasi yg terinstal di perangkat.
      Jika agan ingin melegakan memory, lebih baik menghapus aplikasi yg tidak perlu daripada menghapus data di folder Android.
      Semoga terbantu

      Hapus
  20. Saya sudah download whatsApp tpi ko pas dibuka keluar terus alias whatsApp ga bisa loading...padahal GID BlackBerry udah di instal smua...mohon solusi.y

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANTAB..!! Its Work..
      ternyata cuman bgitu aja ya bro, gw nyari solusiny setengah modar! sama sekali ga kepikiran, ahahaha
      keren Bro!

      Hapus
    2. Iya, selamat ya bila berhasil

      Hapus
  21. gan ....sy sdh dpt playstore nya dg susah payah melalui google ID. whatsapp terbaru pun sdh terinstal,dan terasa penampilan baru nya .
    masalah yg tdk terselesaikan/tidak tuntas di whatsapp itu ada 2 (masih spt pada whatsapp yang lama,padahal sekitar 6bl lalu pernah bisa ) ;
    1. tidak bisa menjawab panggilan telphone WA (klo memanggil bisa )
    2. tidak bisa mengirim vidio hsl shooting sendiri(klo mengirim vidio copas bisa)
    mohon dibantu gan ,terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf jawabannya agak telat karena ada kesibukan.
      Untuk masalah yg pertama agak aneh yah, soalnya WhatsApp BlackBerry 10 aLezof tidak pernah mengalami kendala dalam panggilan telepon melainkan hanya pada panggilan video.
      Untuk masalah kedua, boleh dicoba dengan mengubah pengaturan video sebelum melakukan shooting dari mulai kualitas, frame dan sebagainya.
      Dan apabila agan sudah menerapkan Cara memperbaiki WhatsApp tidak bisa mengirim gambar, foto dan video itu tandanya memori MicroSD harus selalu terpasang di perangkat BlackBerry 10
      Apabila kendala tersebut masih tetap ada, maka agan boleh mencoba mengembalikan perangkat ke setelan pabrik dan jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu.

      Hapus
  22. Fitur komentar untuk postingan ini telah ditutup, sebagai gantinya kamu boleh berkomentar di postingan yang telah diperbarui disini : Cara menginstal WhatsApp Android .apk di perangkat BlackBerry 10

    BalasHapus