Cara menginstal WhatsApp Android apk di BlackBerry 10

WhatsApp bro, yeah whatsapp not what's up.

"Pengguna perangkat BlackBerry 10, harap bersabar untuk mendapatkan kabar selanjutnya dari masa depan Sistem Operasi BlackBerry 10."

Tapi jika kamu bukan pengguna setia BlackBerry 10, maka kamu boleh move on dari OS ini karena dalam dua tahun ke depan akan ada banyak fitur yang hilang dari OS BlackBerry 10 dan kamu boleh coba BlackBerry Motion Android karena smartphone ini mendapatkan review yang cukup bagus dari banyak pihak di luar fans BlackBerry walaupun kita harus membelinya dari luar negeri.

Lalu kenapa aLezof belum menggunakan BlackBerry Motion?

Alasannya sederhana, yaitu karena aLezof masih nyaman menggunakan ponsel BlackBerry Z10 dan aLezof tak terlalu butuh hiburan yang disediakan oleh ponsel Android seperti game, sosial media ataupun hiburan lainnya karena semua itu terlalu banyak membuang waktu percuma tanpa ada ilmu yang didapat.

Alasan lainnya mungkin karena aLezof lebih suka ponsel berwarna putih. Jadi aLezof akan tunggu keputusan akhir mengenai BlackBerry 10 sambil menunggu ponsel BlackBerry Android keluaran baru berwarna putih.

(Alasan yang tak bermutu)

Lalu kapan kita bahas WhatsApp? Okay, santai dan simak baik-baik keseluruhannya di bawah ini supaya kamu paham.

Bila kamu merasa kurang nyaman dengan Sistem Operasi BlackBerry 10 hanya karena banyak orang menganggap bahwa BlackBerry 10 tidak bisa menginstal WhatsApp, maka kamu salah besar.

Semua perangkat BlackBerry dengan Operating System BlackBerry 10 dapat menggunakan aplikasi WhatsApp dengan baik walaupun dukungan WhatsApp for BlackBerry telah resmi dihentikan.

Hal ini disebabkan karena BlackBerry 10 telah didukung oleh Android runtime sehingga mampu menjalankan beberapa aplikasi Android dengan ekstensi .apk termasuk WhatsApp versi Android.

Kecanggihan fitur ini membuat para pengguna perangkat BlackBerry 10 dapat dengan mudah menginstal aplikasi WhatsApp untuk Android di handphone seperti BlackBerry Z10, BlackBerry Z3, BlackBerry Q5, BlackBerry Q10 dan handphone lainnya yang memiliki sistem operasi BlackBerry 10.

Untuk kamu yang masih setia menggunakan BlackBerry 10 dan ingin menggunakan WhatsApp, ikuti caranya di bawah ini.

Cara menginstal WhatsApp versi baru di BlackBerry 10

UPDATE 31 Januari 2020 :

(Untuk pengguna WhatsApp versi 2.19.291)

Bila tiba-tiba muncul pemberitahuan dari aplikasi WhatsApp seperti pada gambar di bawah, maka untuk saat ini abaikan saja karena tidak mempengaruhi apapun.

WhatsApp masih bekerja dengan baik walaupun pemberitahuan diabaikan.

UPDATE 07 April 2020

Terhitung tanggal 3 April 2020, WhatsApp Android harus diperbarui ke versi 2.20.108 atau versi terbaru saat ini.

Catatan : WhatsApp Android apk dapat diinstal dan digunakan dengan baik di perangkat BlackBerry 10 tanpa adanya BlackBerry Google ID dan Play Store.

Kecuali jika kamu masih kesulitan menginstal WhatsApp Android di perangkat BlackBerry 10, maka kamu boleh ikuti cara aLezof di bawah ini dan akan lebih baik apabila kamu membaca tutorial sampai akhir karena di akhir postingan terdapat info penting yang kamu harus tahu.

Menggunakan BlackBerry Google ID Cobalt

  1. Instal BlackBerry Google ID Cobalt

    Aplikasi ini akan bekerja sebagai Android framework di perangkat BlackBerry 10 jadi kamu wajib menginstalnya.

    Untuk melengkapi kinerja framework Android di BlackBerry 10, kamu juga harus menginstal beberapa aplikasi khusus lainnya, dan untuk link download aplikasi, juga caranya, kamu boleh kunjungi halaman ini : Cara menginstal Google Play Store di perangkat BlackBerry 10.

  2. Download WhatsApp Android di Play Store

    Kamu harus download versi terbaru dari WhatsApp Android di Play Store, jangan di BlackBerry World karena WhatsApp BlackBerry sudah tidak akan bekerja lagi.

  3. Instal WhatsApp

    Masih perlu penjelasan? Oh tak payah rupanya, ya sudah.

    Setelah WhatsApp diinstal lalu buka dan DHUARR ikuti petunjuk selanjutnya yang disarankan oleh aplikasi WhatsApp.

    Apabila terdapat notifikasi "WhatsApp tidak akan berjalan tanpa layanan Google Play, yang tidak didukung oleh perangkat Anda.", maka solusinya yaitu 'jangan mengklik tombol Oke'. Klik saja pada bagian luar notifikasi.

    Seperti contohnya, kamu boleh klik pada bagian atas ataupun bagian bawah di luar kotak notifikasi tersebut, yang penting jangan klik tombol Oke.

Catatan : Untuk memperbarui aplikasi WhatsApp dapat dilakukan secara langsung melalui Play Store.

Video instalasi WhatsApp Android apk di BlackBerry Z10 dengan BlackBerry Google ID dan Play Store

Tanpa menggunakan BlackBerry Google ID Cobalt dan Play Store

  1. Kunjungi situs resmi WhatsApp

    Setelah melakukan percobaan baru-baru ini, aLezof menemukan bahwa perangkat BlackBerry Z10 dapat menginstal WhatsApp Android apk tanpa Play Store dengan cara mendownload aplikasi WhatsApp untuk Android secara langsung dari situs resmi WhatsApp.

    Atau kamu juga boleh kunjungi salah satu situs terpercaya yang menyediakan aplikasi Android untuk diinstal di handphone kamu, beberapa di antaranya yaitu situs apkpure dan situs apkmirror.

  2. Download aplikasi WhatsApp apk terbaru

    Setelah masuk ke situs resmi WhatsApp, biasanya kamu akan secara otomatis disarankan untuk mendownload WhatsApp versi terbaru, dan mulailah mendownload kemudian instal.

    Atau jika kamu masuk ke tempat download aplikasi Android, kamu cari aplikasi WhatsApp apk versi terbaru dan mulailah mendownload lalu menginstalnya di perangkat BlackBerry 10.

  3. Mulai ulang atau reboot perangkat BlackBerry 10

    Hal ini perlu dilakukan apabila beberapa fitur WhatsApp tidak bekerja dengan baik seperti misalnya WhatsApp tidak dapat mendeteksi kontak secara otomatis dan tidak dapat membuka kamera.

Catatan : Untuk memperbarui aplikasi WhatsApp, kamu harus kembali mengunjungi situs resmi WhatsApp ataupun tempat download aplikasi Android apk.

Video instalasi WhatsApp Android apk di BlackBerry Z10 tanpa Play Store (video versi mobile)

Catatan :

Beberapa catatan di bawah ini berlaku pada tanggal saat artikel ini dibuat. Beberapa isi catatan mungkin akan menjadi tidak sesuai seiring dengan berjalannya waktu.

(Telah dites di handphone BlackBerry Z10 STL100-1 London)

  • WhatsApp dari BlackBerry World masih dapat diinstal di perangkat BlackBerry 10, tapi aplikasi tak akan bekerja karena tidak akan dapat memverifikasikan nomor telepon.

  • Menginstal WhatsApp Android apk di BlackBerry Z10 tanpa Play Store memiliki kekurangan yang mana salah satunya yaitu terdapat masalah pada fitur kontak.

  • ALezof pernah mengalami WhatsApp Android tidak bekerja di perangkat BlackBerry 10 dan aLezof belum tahu penyebab pasti dari masalah tersebut. Tapi kemungkinan besar yaitu aplikasi tersebut adalah versi lama karena aLezof mendownload di luar Play Store dan di luar situs resmi WhatsApp.

    Dan notifikasi yang muncul yaitu ponsel yang digunakan tidak didukung, maka dari itu akan lebih baik apabila kamu mendownload WhatsApp versi terbaru di Play Store atau di situs resmi WhatsApp.

  • Pada beberapa saat ketika WhatsApp mempersiapkan diri, terjadi sebuah konflik batin dengan Play Store dan muncul pemberitahuan Sayangnya, Layanan Google Play telah berhenti dan kamu tak usah khawatir, abaikan saja hal ini karena tak berpengaruh apapun.

    Dan biasanya hal ini terjadi jika kita menginstal WhatsApp menggunakan BlackBerry Google ID Cobalt.

  • Sama halnya dengan Facebook Android di BlackBerry 10, pun WhatsApp Android di BlackBerry 10 dapat mengirimkan pemberitahuan ke BlackBerry Hub dan pemberitahuan dari WhatsApp ini akan muncul di tab Pemberitahuan.

  • Hingga saat ini (06 Mei 2020) WhatsApp Android bekerja dengan baik di perangkat BlackBerry 10 tanpa adanya crash ataupun bug sehingga kamu bisa dengan nyaman menggunakan WhatsApp versi terbaru di perangkat BlackBerry 10.

  • Kecuali untuk fitur panggilan telepon dan video call, aplikasi ini tak mampu berjalan dengan baik karena bahkan pada beberapa jenis perangkat Android pun banyak yang mendapatkan kedua fitur tersebut tidak berjalan dengan baik pada perangkat mereka.

    Tapi kamu boleh coba menggunakan fitur tersebut melalui jaringan wifi karena biasanya hal itu terjadi karena masalah jaringan yang tak stabil atau boleh jadi karena jenis paket data internet yang tak sesuai.

Info Penting..!!

Seluruh bug pada WhatsApp Android apk di perangkat BlackBerry 10 sudah berhasil diatasi dengan baik dari mulai panggilan telepon, video call, hingga WhatsApp tidak bisa kirim gambar foto dan video telah diperbaiki dengan cara menggunakan sebuah aplikasi khusus.

Kamu boleh lihat di sini : Cara mudah memperbaiki WhatsApp Android apk BlackBerry 10 tidak bisa mengirim gambar foto dan video.

Itu saja catatan yang bisa disampaikan untuk saat ini 'dan mungkin bila nanti' ada perubahan, maka aLezof akan berusaha dengan segera untuk mengupdate informasi.

Jika berhasil, harusnya akan tampak seperti screenshot berikut ini.

Chatting
Status
Panggilan
Kamera

Kamu juga dapat membalas chat langsung dari BlackBerry Hub.

Notifikasi
Balas Chat

Semoga berhasil ya kamu, iya kamu.

© aLezof

Artikel Menarik Lainnya

Post Terbaru Post Sebelumnya

14 komentar:

Komentar kamu akan dimoderasi terlebih dahulu, jadi mohon bersabar ya..

  1. Mau nanya,WA udah di install status sih bisa liat tapi pas buka chat eh langsung berhenti. Udah dincoba puluhan kali tetap aja nggak bisa. Solusinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika buka chat, WhatsApp crash ya?
      Itu biasanya fitur kontak di WhatsApp bermasalah.
      1 Agan boleh coba periksa daftar kontak di fitur kontak WhatsApp, Jika tak semua kontak ada di daftar kontak maka cobalah untuk memperbarui dan mengimpor kontak.
      2 Coba mulai ulang/reboot perangkat BlackBerry 10
      3 Coba juga perbaiki aplikasi WhatsApp menggunakan WhatsFixer, untuk caranya boleh lihat disini : Cara memperbaiki WhatsApp Android BlackBerry 10 tidak bisa kirim gambar foto dan video
      Semoga Berhasil

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog aLezof

      Hapus
  3. Mulai agustus/sept 2018 sy instal wa android di bb z3 saya, dgn google cobalt dll, cukup lancar walau kerap ada mslh spt tdk bs connect ke sinyal, force close, videocall bermasalah saat d gunakan, tdk bs mengunggah bbrpa video,, sy jg sudah menggunakan whatsfixer,
    Yg jd mslh;
    1. Memori internal sy lm" kepenuhan kak, kmudian ad apk" yg sbnarny sdh d hapus tp masih terdata saat sy membuka penyimpanan android dr google id (yg klo apk ny d hpus google id akn force close), bgmn solusinya kak?
    2. Apakah mendownload lewat penyedia apk lain spti apkpure itu bs tanpa google cobalt atau tetap harus ada?
    Terimakasih sblmnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay, aLezof coba bantu ya..
      1a. Perangkat BlackBerry 10 harus disertai dengan MicroSD berkapasitas cukup besar, jangan biarkan memori internal penuh karena akan mengganggu kinerja perangkat.
      Solusinya jangan terlalu banyak menginstal aplikasi yang kurang penting karena BlackBerry 10 bukan untuk hiburan melainkan bisnis.
      1b. Untuk menghapus aplikasi Android secara tuntas di BlackBerry 10, agan boleh lihat di postingan ini : Menghapus aplikasi Android .apk di BlackBerry 10
      3. Mendownload aplikasi .apk di situs penyedia aplikasi tidak perlu menginstal Google Cobalt karena itu dilakukan melalui browser.
      Akan tetapi untuk menginstal dan menjalankan aplikasi tersebut, sebagian aplikasi ada yang membutuhkan Google Cobalt.
      Semoga jawabannya dapat membantu.

      Hapus
  4. Caranya biar ada chat restore gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chat restore biasanya terdapat di penyimpanan online hasil backup, jadi sebelumnya agan harus mengaktifkan fitur backup terlebih dahulu supaya semua history WhatsApp bisa tersimpan untuk kemudian direstore.

      Hapus
  5. Mau nanya bang,kok pas udah selesai didownload apk nya.pas mau buka apk nya kok otomatis langsung keluar gitu aja gimana solusinya,gag cuman whatsapp aja,apk lainnya juga gitu...mohon dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya Android runtime tidak bekerja.
      Pertama pastikan perangkat BlackBerry 10 agan harus sudah memiliki OS 10.3.2
      Apabila sudah tapi masih terjadi crash pada aplikasi maka coba downgrade sistem Android Shell ke OS 10.3.2.231 yang caranya boleh agan lihat disini : Cara menghapus aplikasi Android apk di BlackBerry 10.
      Semoga berhasil

      Hapus
  6. gan.. bb z3 ane gak bisa.. gid udah diinstal.. wa udah.. tapi gal kebuka.. helpme

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila terdapat error 'loading' saat pertama membuka WhatsApp seperti dalam video, solusinya sudah dijelaskan.
      Tapi bila WhatsApp crash dari pertama menginstal, coba lakukan restart perangkat BlackBerry Z3.
      Bilamana masih, coba downgrade Android Shell menggunakan Sachesi lalu coba lakukan instal-reinstal semua aplikasi Google dan WhatsApp.
      Jika memang masih seperti itu, langkah terakhir menurut alezof yaitu mulai semuanya dari awal dengan mengembalikan setelan perangkat ke setelan pabrik tapi sebelumnya backup dulu data perangkat menggunakan BlackBerry Link.
      Ketika handphone kembali menyala setelah dilakukan wipe data, coba instal terlebih dahulu semua aplikasi Google dan WhatsApp.
      Pasti berhasil..

      Hapus
  7. Ikut tanya device BB Q10 sebelum2nya pakai WA lancar2 aja tapi pas ada pembaruan tdk bisa diperbarui, install apk pembaruan juga ada tulisan tdk bisa menginstal apk ini trus saya hapus WA nya lalu download ulang di playstore malah gagal download kenapa ya ? Tolong pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicoba, instal WhatsApp versi sebelumnya yang berjalan lancar.
      Untuk file WhatsApp versi lama boleh dicari di situs apkmirror.
      Apabila berhasil diinstal, berarti versi baru tidak mendukung, sebaliknya apabila versi lama pun tak berhasil maka agan harus coba semuanya dari awal yang mungkin sedikit menghabiskan waktu.
      Semoga berhasil

      Hapus