Memperbaiki Xiaomi Redmi 2 HM 2LTE-CU 2014811 sinyal hilang tak ada layanan tanpa komputer PC

Sinyal x atau silang dengan pesan tak ada layanan walaupun kartu SIM terbaca di perangkat Xiaomi Redmi 2 dengan model HM 2LTE-CU 2014811 atau disebut juga sebagai Redmi 2 ekor 11 ini sudah biasa terjadi setelah pengguna selesai melakukan upgrade ROM atau MIUI.

Sebelumnya, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu mengenai penyebab dari masalah sinyal hilang pada Xiaomi Redmi 2 ekor 11 ini yang telah dirangkum dalam sebuah kronologi di bawah ini.

Sinyal hilang Xiaomi Redmi 2 HM 2LTE-CU 2014811 disebabkan oleh file modem NON-HLOS

  1. Xiaomi Redmi 2 yang aLezof perbaiki adalah Redmi 2 dengan model HM 2LTE-CU dengan nomor seri 2014811 atau Redmi 2 ekor 11. Redmi 2 ini memiliki RAM 1GB dengan ROM 8GB dengan OS Android 4.4.4 KitKat dan telah terinstal MIUI 9 Global Stable.

  2. Kartu SIM pada Redmi 2 ini terbaca oleh perangkat, hanya tidak ada sinyal seluler yang ditunjukkan dengan tanda x atau silang dengan tulisan tak ada layanan.

  3. Ketika dicek IMEI, keduanya ada. Tapi kedua IMEI menampilkan nomor yang sama yang mana ini tidaklah berpengaruh terhadap masalah yang terjadi.

    Hanya, satu hal yang agak sedikit membuat bingung saat itu adalah IMEI di dus/box nomornya sama dengan IMEI yang ditampilkan oleh informasi perangkat. Tapi tidak sama dengan IMEI yang ada di belakang casing.

    Hal ini dapat dimaklumi karena saat ini banyak sekali pengguna handphone yang suka menukar sparepart handphone.

  4. Setelah membuat akun Mi, muncul pesan pemberitahuan Kartu SIM Anda belum diaktivasi kemudian muncul lagi pemberitahuan Tidak dapat aktivasi kartu SIM 1 begitupun SIM 2.

  5. Ketika mencoba membuat panggilan dengan kondisi seperti itu yang berarti tak ada jaringan seluler, muncul pemberitahuan untuk menonaktifkan mode pesawat meskipun mode pesawat tidak aktif sama sekali.

Okay, sudah tentu masalah ini disebabkan oleh file modem yang hilang atau tergantikan oleh file modem bawaan MIUI 9 Global Stable yang disebut sebagai NON-HLOS. Akan tetapi beberapa pengguna tetap mendapati Redmi 2 mereka masih tetap kehilangan sinyal walaupun telah melakukan flashing NON-HLOS yang sesuai dengan perangkat.

Apakah kamu juga mengalami hal yang sama?

Jika iya, berarti kamu harus ikuti cara aLezof karena sebelumnya juga mengalami hal yang sama yaitu melakukan flashing NON-HLOS 2014811 untuk Redmi 2 2014811 sinyal tetap hilang.

Informasi mengenai Xiaomi Redmi 2 HM 2LTE-CU 2014811

Kemungkinan besar, itu disebabkan karena Xiaomi Redmi 2 2014811 tersebut adalah Redmi 2 China walaupun di beberapa forum dan situs banyak yang menyebutkan bahwa Redmi 2 2014811 adalah Redmi 2 Internasional atau Global.

Q : Kenapa berpikir seperti itu?

A : Karena setelah mendapati sebuah informasi di forum luar negeri yang mengatakan bahwa Xiaomi Redmi 2 dengan model HM 2LTE-CU menggunakan firmware atau ROM bawaan China, sedangkan HM 2 LTE-SA yang banyak beredar di Malaysia menggunakan ROM Global, kemudian HM 2LTE-IN di India juga menggunakan ROM Global, sehingga muncul spekulasi bahwa HM 2LTE-CU ini adalah (atau mungkin sebagian merupakan) Redmi 2 khusus untuk pasar China seperti halnya Redmi 2 Prime Enhanced dengan model wt88047 seri 2014813.

Maka dari itu, kita seharusnya melakukan flashing file modem NON-HLOS versi 2014813 untuk Redmi 2 2014811 karena 2014813 ini adalah khusus China.

Q : Lalu kenapa file modem 2014811 tidak cocok untuk Redmi 2 2014811?

A : Belum bisa dipahami, sepertinya di sana terdapat konflik penulisan file pada ROM MIUI karena walaupun telah didowngrade ke MIUI 7 tetap saja sinyal hilang.

Tapi faktanya, aLezof justru berhasil melakukan flashing file modem NON-HLOS 2014813 ke handphone Xiaomi Redmi 2 2014811 tanpa PC atau komputer.

Bahkan tanpa ada masalah apapun karena beberapa orang mengatakan bahwa jika kita salah memasukkan file modem, maka akan terdapat banyak bug di dalam sistem seperti tidak bisa membuka setting, tidak bisa membuka kamera dan lain-lain.

Cara memperbaiki sinyal hilang Xiaomi Redmi 2 HM 2LTE-CU 2014811 tanpa komputer PC

Okay, terima kasih telah membaca kronologi dan curhatan di atas, sekarang kita langsung menuju ke tutorial mengenai cara memperbaiki sinyal hilang pada handphone Xiaomi Redmi 2 model HM 2LTE-CU seri 2014811.

Sebelumnya perlu diingat untuk berhati-hati dalam memperbaiki kesalahan seperti ini karena di internet banyak bertebaran situs-situs yang bukan situs perbaikan handphone memberikan tutorial cara mengatasi sinyal hilang Xiaomi yang mana salah satu cara lucunya yaitu dengan cara mengecek slot SIM card.

Tentu saja hal ini sangat lucu karena kartu SIM jelas terbaca oleh sistem, hanya penulisan file modem saja yang salah, sehingga sistem tidak dapat meneruskan perintah ke hardware. Sehingga ini murni merupakan masalah software, kecuali jika kartu SIM tidak terbaca atau tidak terdeteksi sama sekali.

Sehingga dengan mengutak atik slot SIM card merupakan hal yang sangat tidak disarankan karena dapat memperumit atau bahkan memperparah kerusakan handphone kamu.

Persiapan sebelum memperbaiki sinyal hilang Xiaomi Redmi 2 HM 2LTE-CU 2014811

  • Pastikan baterai handphone kamu dalam kondisi baik, dalam arti tidak drop dan sebaiknya terisi penuh.

  • Meskipun proses flashing tidak menghapus data, tapi boleh saja melakukan backup atau pencadangan terlebih dahulu, kemudian nanti hasil pencadangan tersebut kamu pindahkan ke kartu SD.

  • Bila nanti Redmi 2 kamu gagal melakukan flashing firmware dengan pesan error signature verification failed, maka dengan terpaksa kamu harus menggunakan komputer terlebih dahulu untuk mendowngrade OS ke MIUI 7 Global Stable. Kamu boleh download di sini MIUI 7 Global Stable KitKat karena ini merupakan OS yang telah berhasil aLezof gunakan untuk mendowngrade.

    Untuk cara downgrade sama dengan cara flashing yang kamu boleh lihat di sini Cara flashing Xiaomi Redmi 2 Prime Enhanced China.

    Atau kamu juga boleh cari di Google tentang cara mengatasi error signature verification failed.

Software flashing untuk memperbaiki sinyal hilang Xiaomi Redmi 2 HM 2LTE-CU 2014811

1. MIUI 9 Global Stable Lollipop ROM Recovery

Perhatikan baik-baik bahwa kamu harus mengganti ROM ke MIUI 9 dengan OS Lollipop bukan lagi KitKat.

Ini merupakan ROM khusus Recovery melalui handphone, sedangkan untuk Fastboot melalui komputer belum bisa ditemukan (masih jarang).

ROM ini sudah dites dapat dipasangkan dengan file modem NON-HLOS 2014813 tanpa ada kendala apapun pada sistem.

Beberapa orang mengatakan bahwa ROM ini adalah versi Beta, sehingga akan sedikit agak lambat saat proses pemakaian handphone dan itu memang benar.

2. File modem NON-HLOS 2014813 MIUI 9 Lollipop Recovery

Seperti yang telah jelaskan di atas bahwa kita harus melakukan flashing NON-HLOS 2014813 pada Redmi 2 2014811 dengan catatan apabila sinyal tetap tidak muncul setelah melakukan flashing file modem dengan seri yang sama yaitu 2014811.

Proses flashing untuk memperbaiki sinyal hilang Xiaomi Redmi 2 HM 2LTE-CU 2014811

  1. Simpan atau pindahkan ROM yang telah didownload ke penyimpanan internal atau perangkat, jangan di penyimpanan eksternal atau kartu SD.

    Kemudian ganti nama ROM tersebut menjadi update, dan pastikan ekstensi setelahnya adalah .zip sehingga keseluruhan namanya akan menjadi update.zip dan hati-hati jangan sampai menjadi update.zip.zip.

  2. Matikan handphone, kemudian masuk ke mode recovery dengan menekan dan menahan tombol volume atas diikuti dengan tombol power hingga muncul logo mi.

    Jangan lepaskan tombol volume atas, lepaskan hanya tombol power hingga muncul menu awal recovery atau PCBA Test, kemudian kamu boleh melepas tombol.

  3. Pilih recovery dengan menyentuhnya, maka beberapa saat kemudian tampilan akan masuk ke mode recovery.

  4. Pada menu recovery, pilih English dengan menggulirnya menggunakan tombol volume, kemudian tekan tombol power untuk mengonfirmasi.

  5. Sebaiknya pilih Wipe & Reset terlebih dahulu, kemudian pilih Wipe Cache saja, jangan pilih wipe yang lain lagi. Bila telah selesai, kemudian kembali lagi ke Main Menu recovery.

  6. Setelah itu, pilih Instal update.zip to System, lalu pilih Yes, maka handphone akan melakukan proses flashing firmware. Tunggu saja hingga selesai karena biasanya pada nilai 99% proses agak lama.

    Update complete! berarti proses flashing berhasil.

  7. Selesai, silakan kembali lagi ke Main Menu recovery, lalu pilih Reboot untuk merestart perangkat. Maka handphone akan melakukan restart sekitar 2 menit, kemudian akan melakukan proses pemuatan firmware yang berlangsung cukup lama yaitu sekitar 10 menit. Itulah sebabnya baterai handphone harus dalam kondisi baik serta terisi penuh.

  8. Sekarang Redmi 2 biasa kamu yang memiliki RAM 1GB telah terinstal Android 5.1.1 Lollipop dengan OS MIUI 9 Global Stable dan nama model pun berubah dari HM 2LTE-CU menjadi wt88047 sama seperti Redmi 2 Pro atau Prime dan Enhanced yang memiliki RAM 2GB. Tapi sinyal masih hilang karena file modem belum diflash.

Flashing file modem NON-HLOS untuk memperbaiki sinyal hilang Xiaomi Redmi 2 HM 2LTE-CU 2014811

  1. Langkah selanjutnya yaitu hapus atau pindahkan ke kartu SD atau boleh ganti nama terlebih dahulu file ROM yang tadi bernama update.zip yang berada di penyimpanan internal perangkat.

  2. Kemudian, simpan atau pindahkan file modem NON-HLOS 2014813 ke penyimpanan internal perangkat, kemudian ganti nama menjadi update.zip seperti cara pertama di bagian paling atas.

  3. Matikan handphone untuk kemudian masuk ke menu recovery, sama seperti cara di atas. Tapi jangan kaget karena menu awal recovery atau PCBA test tampilannya telah berubah. Kamu tetap pilih recovery dan lakukan cara yang sama seperti di atas untuk melakukan Install update.zip to System.

  4. Selesai, reboot perangkat dan tunggu beberapa detik hingga sinyal muncul.

Catatan

  • Proses reboot setelah flashing file modem tidak memerlukan waktu lama.

  • Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ROM 9 Global Stable Android 5.1.1 Lollipop ini adalah versi Beta, maka kinerja terkadang agak sedikit lambat, sehingga proses pembacaan sinyal pun agak lambat seperti yang terjadi pada handphone yang telah diperbaiki ini, yaitu pertama muncul tulisan Tidak ada SIM kemudian Tak ada layanan, baru setelah itu sinyal keduanya muncul.

Saran

Apabila kamu mengalami masalah dengan ROM versi ini atau bahkan sinyal tetap tidak muncul, maka kamu boleh coba gunakan ROM MIUI 9 KitKat Fastboot melalui komputer atau ROM MIUI 9 KitKat Recovery melalui handphone, dan untuk file modemnya boleh kamu ambil di bawah ini yang mana terdapat dua pilihan yang boleh kamu coba satu persatu. Tapi tidak bisa dijamin keberhasilannya karena belum dites.

Update

Terima kasih untuk agan yang sudah bertanya mengenai saran ini, terutama mengenai 'ROM MIUI 9 KitKat Recovery melalui handphone'.

Saran ini adalah dari salah satu forum, aLezof sengaja melampirkannya untuk kalian yang mau mencoba saja. Flashing ROM melalui recovery handphone biasanya tidak bisa untuk mendowngrade melainkan hanya upgrade. Bahkan, aLezof belum pernah mencobanya karena selalu menggunakan PC.

Lalu kenapa aLezof melampirkan saran tersebut?

Itu dikarenakan salah satu member di forum ada yang mengatakan 'bisa' karena ROM yang digunakan sama-sama MIUI 9, hanya versi Android-nya saja yang berbeda. Sedangkan apabila downgrade dari MIUI 9 ke MIUI 7, itu kemungkinan 'tidak bisa'.

Silakan dicoba semoga berhasil.

© aLezof

Artikel Menarik Lainnya

Post Terbaru Post Sebelumnya

15 komentar:

Komentar kamu akan dimoderasi terlebih dahulu, jadi mohon bersabar ya..

  1. Artikel yg sangat bagus, gan setelah saya flash modem dengan ekor 13 sinyal berhasil muncul tapi hilang timbul,sinyal ada untuk beberapa detik kemudian menghilang lalu muncul lagi lalu hilang lagi dan seterusnya, MIUI v9.2.5 OS lolipop Ram 1GB/8GB ekor 11, apakah harus di downgrade ke versi Kitkat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang seperti itu dampaknya. Jika memang sudah menggunakan kartu seluler yang bagus tapi masih tetap seperti itu, sepertinya harus didowngrade.

      Hapus
  2. Mohon bantuan nya gan, saya agak bingung ketika lihat dibagian stiker belakang tertulis ekor 11 atau 2014811, 100S 16GB

    tetapi di system phone info dan cpu z tertulis ram 1GB/8GB setelah di update os jadi lolipop, nomor model wt88047 MIUI 9.2.5 lalu sinyal jadi hilang, setelah saya bongkar di pcb main board tertulis 86047_1_22 kira2 ini redmi 2 biasa apa redmi 2 prime apa redmi 2 pro? Terus ekor berapa kira2 gan? Pertanyaan satu lagi yaitu saya ingin downgrade ke versi kitkat atau MIUI 7 tanpa pc bagaimana cara yang aman agar tidak bootlop?
    Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Redmi 2 ekor 11 dan 13 ini memang membingungkan. 86047 adalah kode untuk Redmi 2 Prime/China ekor 13. Jika memang setelah diupgrade sinyal hilang, maka kemungkinannya antara ekor 11 dan 13. Silakan dicoba flash modem ekor 13.
      Untuk flashing firmware melalui handphone tanpa PC, jarang terjadi bootloop. Tapi, biasanya flashing melalui handphone tidak bisa digunakan untuk downgrade, hanya upgrade saja.
      Silakan lihat artikel aLezof lainnya tentang Redmi 2, semoga bisa memberikan inspirasi.

      Hapus
  3. mas alezof terimakasih atas jawaban nya, saya agak bingung flashing lewat hp tdk bisa untuk downgrade tapi hanya untuk upgrade tapi diartikel diatas di paragraf terakhir mas katakan :
    "Saran

    Apabila kamu mengalami masalah

    dengan ROM versi ini( komentar saya :"rom versi ini kan artinya lolipop") atau bahkan sinyal

    tetap tidak muncul maka kamu boleh

    coba gunakan ROM MIUI 9 KitKat Fastboot melalui komputer atau ROM MIUI 9 KitKat Recovery melalui

    handphone, dan untuk file modemnya boleh kamu ambil dibawah ini yang

    mana terdapat dua pilihan yang boleh

    kamu coba satu persatu, tapi tidak bisa

    dijamin keberhasilannya karena belum

    dites.
    Apakah kalimat diatas artinya downgrade dari lolipop ke kitkat karena ada kalimat sebelum itu yg menjelaskan ataukah bukan ? Di artikel lain ada yang mengatakan bisa downgrade os lewat custom recovery seperti TWRP tetapi tdk dijelaskan secara rinci ,
    berbeda dengan artikel yg mas alezof buat sangat rinci dan mudah dipahami,,, klo bisa downgrade lewat custom recovery atau TWRP bagaimana cara/urutan nya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur bila memang tutorial aLezof cukup jelas dan terima kasih telah bertanya karena itu merupakan sarana untuk memperbaiki kekurangan di blog.
      Mengenai jawabannya yaitu "Belum dites". Itu hanya melampirkan saran dari forum mi. aLezof melakukan downgrade menggunakan PC seperti pada paragraf ini : "Bila nanti Redmi 2 kamu gagal melakukan flashing firmware dengan pesan error signature verification failed maka dengan terpaksa kamu harus menggunakan komputer terlebih dahulu untuk mendowngrade OS ke MIUI 7 Global Stable,".
      Jadi sebenarnya saran itu hanya untuk yang mau mencoba.
      Sekali lagi terima kasih atas ketelitiannya, artikel akan aLezof update.

      Hapus
  4. iya sama" mas saya juga bersyukur dengan adanya blog ini karena bisa menambah wawasan,
    sekarang saya paham jadi kesimpulannya mungkin seperti ini ya "downgrade lewat hp melalui MI Recovery untuk menurunkan versi MIUI misal dari 9 ke 7 belum dicoba, sedangkan downgrade versi android misal dari Lolipop ke kitkat dengan versi MIUI yang sama bisa dilakukan berdasarkan pengakuan member lain sedangkan mas alezof belum mencobanya, oiya mas cara downrade lewat pc bagaimana mas? Saya coba klik artikel mas yang ini "Cara flashing Xiaomi Redmi 2 Prime Enhanced China" artike nya tidak dapat ditemukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali seperti itu.
      Sekali lagi terima kasih atas koreksinya, link sudah diperbaiki. Mohon dimaafkan. Maklum, sambil sibuk mengurus blog lain. Tapi blog ini akan selalu dimonitor dan diupdate.

      Hapus
  5. Mau tanya min kalou punya saya jaringan ada cuman mentok di e kalou pun saya lock di lte malah ga ada sinyal,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau misalnya itu terjadi setelah diflash, silakan coba flash NON-HLOS yg sesuai. Tapi jika itu terjadi secara tiba-tiba maka kemungkinan itu kerusakan hardware. Atau sebelumnya boleh coba dulu melakukan downgrade/upgrade OS.

      Hapus
  6. makasih bang atas pencerahannya...tapi knpa ya saya jd ga bisa masuk setting???jaringan udh nongol tapi ga bisa masuk setting... tolong pencerahannya min...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya, kendala tersebut disebabkan oleh NON-HLOS yang tidak cocok.

      Hapus
  7. Min hp saya xiaomi redmi 2, atau model xiaomi hm 2lte-cu, ram 2/rom 16, hm2014811, android 4.4.4 kitkat, jadi saya sudah pernah update dari awal nya miui 8 kitkat terus di update ke miui 9 kitkat lalu setelah di updare sinyal hilang terus saya download no-hlos yang ekor 11 kitkat terus di updatekan sinyal tetap hilang setelah saya coba pake not-hlos ekor 13 sukur work kembali, jadi yang ingin saya tanyakan sekarang adalah kalau saya update miui 9 versi lolipop apakah bisa di update tanpa twrp dan apakah ga akan bootlop, saya ingin update ke lolipop android 5.1.1, bisa ga min? Di update langsung gitu kaya miui 9 kitkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf telat, emailnya gak muncul di pemberitahuan.
      Mengenai update ke MIUI 9 Lollipop melalui recovery/TWRP silakan cari tutorialnya, selama dilakukan dgn benar maka tdk akan bootloop.
      Terima kasih juga mengenai informasi non-hlos yg berhasil mengembalikan sinyal hilang.

      Hapus