Memperbaiki www bberror com/ bb10 - 0015 BlackBerry 10

Halo semuanya, aLezof mau berbagi pengalaman lagi.

Tepatnya tanggal 30 Juni 2017 BlackBerry Z10 milik aLezof baru bisa menyala kembali setelah sekitar kurang lebih 8 hari mengalami error software dengan kode error www.bberror.com/bb10-0015.

Apakah kamu juga sedang mengalami error macam ini? belum menemukan solusikah?

Okay, tepat sekali bila kamu berkunjung ke blog aLezof untuk mencari tahu bagaimana cara mengatasi kesalahan atau error www.bberror.com/bb10-0015 karena di sini di artikel ini aLezof akan tunjukkan solusi tepat dalam memperbaikinya.

Maka dari itu, kamu harus simak pengalaman aLezof saat mengalami error tersebut yang pernah terjadi pada perangkat BlackBerry Z10.

Penyebab www.bberror.com/bb10-0015 pada BlackBerry 10

Saat itu aLezof bermaksud mematikan jaringan seluler, akan tetapi perangkat BlackBerry Z10 tidak merespon tindakan tersebut dan jaringan seluler tetap menyala.

Kemudian aLezof mematikan perangkat karena biasanya setelah perangkat dimatikan, semuanya berjalan normal akan tetapi setelah perangkat menyala kembali yang terjadi adalah perangkat BlackBerry Z10 tidak mengenali jaringan seluler dengan tanda silang pada logo jaringan seluler, dan ketika masuk ke pengaturan jaringan di sana terdapat pemberitahuan yang menyebutkan bahwa : "Anda menggunakan jaringan yang tidak dikenal"

Hal ini mengindikasikan bahwa firmware bermasalah karena jika dilihat dari pemberitahuan tersebut tidaklah mungkin jika terjadi kerusakan pada hardware ataupun kerusakan pada simcard. Untuk itu, aLezof mencadangkan perangkat atau membackup file lalu mengembalikan ke setelan pabrik.

Ketika proses wipe berjalan, booting perangkat menghabiskan waktu yang sangat lama dari mulai sekitar jam 2 siang sampai jam 11 malam, perangkat hanya mampu melakukan booting sampai 91%.

ALezof meninggalkan perangkat karena tertidur dan keesokan paginya perangkat BlackBerry Z10 memunculkan pemberitahuan www.bberror.com/bb10-0015 dan tidak dapat masuk ke menu utama.

Menurut beberapa ahli dari forum CrackBerry, hal tersebut terjadi karena firmware mengalami corrupt atau bisa juga disebabkan karena proses booting yang tidak 100%. Misalkan ketika booting, perangkat kehabisan baterai.

Kondisi ini biasa disebut sebagai softbrick yang mana hal ini sering terjadi pada handphone Android dengan kasus yang sama yaitu handphone booting dengan kondisi baterai lemah atau bisa juga karena corrupt pada partisi sistem.

Cara memperbaiki www.bberror.com/bb10-0015

Memperbaiki www.bberror.com/bb10-0015 menggunakan BlackBerry Link

Beberapa ahli BlackBerry mengatakan bahwa error www.bberror.com/bb10-0015 dapat diperbaiki melalui BlackBerry Link secara online dengan cara muat ulang perangkat pada menu BlackBerry Link, hal ini tidak berlaku untuk perangkat BlackBerry Z10 aLezof karena proses muat ulang melalui BlackBerry Link selalu mengalami kegagalan, entah karena masalah jaringan internet yang lambat atau memang tidak bisa diperbaiki dengan cara ini karena you know lah untuk terhubung ke server BlackBerry dibutuhkan kekuatan jaringan internet yang cukup stabil.

Mohon maaf untuk gambar yang buram
Muat ulang gagal BlackBerry Link

Memperbaiki www.bberror.com/bb10-0015 menggunakan Autoloader BlackBerry 10

Cara kedua yang mungkin juga adalah cara terakhir yaitu flashing menggunakan Autoloader.

Hati-hati dalam mendownload Autoloader karena terdapat banyak versi untuk berbagai model BlackBerry 10. Seperti pengalaman aLezof yang mendownload Autoloader STL100-1 Dev Alpha B 10.3.1.997 yang jelas tidak kompatibel dengan perangkat BlackBerry Z10 aLezof yang mana BlackBerry Z10 aLezof adalah BlackBerry Z10 dengan model STL100-1 London versi OS 10.3.2.2876.

Autoloader BlackBerry 10

Untuk itu ketika kamu akan mendownload Autoloader, pastikan bahwa kamu telah mengetahui model BlackBerry 10 yang kamu miliki, apakah itu Z10 London, Liverpool, Lisbon, Laguna, Limited Edition, Dev Alpha A, Dev Alpha B atau mungkin Q10, Leap, ataupun Classic, dan kamu harus ingat versi OS yang terakhir tertanam dalam perangkat BlackBerry 10 kamu.

Autoloader dapat didownload di situs resmi BlackBerry : BlackBerry 10 Autoloaders

Jika kamu tidak menemukan Autoloader yang kompatibel dengan perangkat BlackBerry 10 milik kamu di situs resmi BlackBerry, maka kamu bisa mencarinya di situs atau blog lain atau lebih bagus lagi di forum CrackBerry.

Di komputer kamu pun harus sudah terinstal BlackBerry 10 Desktop Software yang mana dalam satu software tersebut isinya terdiri dari 4 program yaitu BlackBerry Link, BlackBerry Blend, Driver BlackBerry 10 dan BlackBerry Device Manager. Dan BlackBerry 10 Desktop Software ini memiliki fungsi supaya perangkat BlackBerry 10 dapat terbaca oleh komputer dan oleh program-program BlackBerry 10 lainnya.

Flashing BlackBerry 10 menggunakan Autoloader

  1. Pastikan kamu sudah mendownload Autoloader yang kompatibel untuk perangkat BlackBerry Z10 milik kamu dan kompatibel juga untuk komputer yang kamu gunakan.

  2. Jalankan Autoloader.

  3. Ketika Autoloader menampilkan pesan connecting to bootrom, hubungkan perangkat BlackBerry Z10 kamu ke komputer melalui kabel USB.

  4. Perangkat akan menampilkan LED hijau.

  5. Lalu kamu hanya tinggal diam dan menunggu proses writing Autoloader selesai.

  6. Jika proses selesai, tunggulah beberapa saat hingga BlackBerry Z10 kamu menyala kembali.

  7. Taaa..daaaa... perangkat BlackBerry Z10 kembali normal.

  8. Lakukan penyetelan seperti kamu baru pertama kali membeli perangkat.

Catatan : Jika Autoloader yang digunakan tidak kompatibel dengan perangkat dan versi OS BlackBerry kamu maka proses flashing tidak akan berjalan walaupun perangkat menunjukkan LED hijau dan Autoloader akan menampilkan pesan sebagai berikut :

--> Failed to read trailer
--> Failed to read main QCFM header
[ Reading File 0x00000000 ] [ 0 ]
--> Failed to read main QCFM header
Error: Failed to load images.
Error: Out of Windows memory

Kemudian Autoloader akan menutup sendiri dan perangkat kembali booting yang akhirnya kembali menampilkan error www.bberror.com/bb10-0015.

© aLezof

Artikel Menarik Lainnya

Post Terbaru Post Sebelumnya

10 komentar:

Komentar kamu akan dimoderasi terlebih dahulu, jadi mohon bersabar ya..

  1. Kalo pas nyolok malah ngecas terus nyala lagi (ga ke detek) gimana? Padahal udah pake macem macem kabel data??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses flashing untuk perbaikan www.bberror.com/bb10-0015 tidak memerlukan deteksi perangkat, yang penting di komputer telah terinstal BlackBerry 10 Desktop Software.
      Jika BlackBerry dalam keadaan normal tapi tidak terdeteksi komputer, biasanya masalah tersebut terdapat pada driver BlackBerry yang terinstal di komputer.
      Pastikan di komputer telah terinstal BlackBerry 10 Desktop Software (Blend, Link, Drivers) dan ataupun BlackBerry Device Manager 8.0 dan jika masih bermasalah, cobalah untuk uninstall dan install ulang program BlackBerry 10 Desktop Software di komputer.

      Hapus
    2. "Pastikan di komputer telah terinstal BlackBerry 10 Desktop Software (Blend, Link, Drivers) dan ataupun BlackBerry Device Manager 8.0"

      ibi beda sama auto loader bang atau sama? sy mengalami hal yg sama bb eror 15 stelah factory reset mentok di 96%.. mau donload auto loader, nah pertanyaan nya, bahan2 yg dibutuhkan cukup autoloader, install di pc lalu ikutin sperti arahan di atas, atau harus ada software lain yang abang sebutin di komen yg ane copas..thx

      Hapus
    3. Download BlackBerry 10 Desktop Software kemudian instal supaya perangkat BlackBerry 10 dapat terbaca di komputer, kemudian download Autoloader untuk melakukan flashing terhadap perangkat BlackBerry 10.
      Jadi kedua software tersebut harus didownload, semoga berhasil ya.
      Ingat, pilih Autoloader yang sesuai.

      Hapus
  2. Balasan
    1. pastikan Autoloader yang digunakan cocok dengan perangkat

      Hapus
  3. ane udah download autoloader nya proses sampe kelar tetep ga mau nyala .cuma blink redled aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang BlackBerry agan tadinya kenapa?
      mungkin boleh dicek mengenai hardware nya, siapa tau terdapat kerusakan pada mesin.

      Hapus
  4. Bang mau tanya problem lain..
    Bb saya kalo di pake tapi tidak di matikan alias di pake sampe habis batre itu awet .. Tapi ko aneh ketika saya pake hp saya cmn sbntr batrenya lngsng drop juga panas tiba"habis sndiri batre na .. Trus saya tanya konter permasalahan bisa di batrai bisa juga di mesin .. Kira"adakah cara untuk mengatasinya ? Mhon bntuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahan pada BlackBerry agan kayanya mirip dengan masalah yang dialami alezof saat ini, namun hingga sekarang alezof masih mencari penyebab dan solusinya.
      Saat ini perkiraan alezof masih tertuju pada baterai yang drop, karena baterai BlackBerry OS manapun tidak boleh dipakai hingga kosong apalagi sampai perangkat mati gara-gara kehabisan baterai sedangkan alezof dulu sering membiarkan perangkat mati kehabisan baterai dan konsekuensinya 'terkadang ketika perangkat dimuat ulang maka baterai menunjukan nol/kosong padahal sebelumnya baterai masih 40%'.
      Mungkin untuk solusinya, agan bisa mengganti baterai terlebih dahulu jika memang baterai tersebut sudah terlalu lama dipakai, dan pastinya baterai baru tersebut harus original.
      Semoga berhasil..

      Hapus