Cara berbagi internet Android lewat Bluetooth ke PC

Okay, kali ini aLezof akan membahas tentang tethering atau penambatan internet dari perangkat handphone Android ke perangkat PC atau komputer.

Penambatan internet pada perangkat Android boleh dilakukan melalui beberapa cara karena biasanya pada handphone Android yang lumayan canggih terdapat fitur penambatan internet atau tethering dalam tiga pilihan.

Di antaranya yaitu penambatan melalui jalur wifi yang biasanya disebut dengan mobile hotspot atau hotspot wifi, penambatan melalui jalur kabel USB yang biasa disebut dengan penambatan USB, dan penambatan melalui jalur Bluetooth atau penambatan internet Bluetooth.

Dan yang akan alezof bahas secara spesifik dalam artikel ini yaitu penambatan internet Bluetooth dari handphone Android ke komputer laptop Windows7.

Bila menjalankan penambatan menggunakan hotspot wifi, mungkin kamu bisa mengatur dan menghubungkannya ke laptop dengan mudah dan begitupun dengan penambatan USB.

Akan tetapi, untuk fitur penambatan Bluetooth ini agak susah diterapkan pada perangkat Android. Beda halnya dengan perangkat BlackBerry 10 karena untuk menggunakan penambatan Bluetooth di perangkat BlackBerry 10 hanya dibutuhkan driver BlackBerry Bluetooth Device yang biasanya telah menyatu dalam paket instalasi BlackBerry 10 Desktop Software.

Sehingga ketika kita akan menjalankan penambatan internet melalui Bluetooth, maka kita hanya perlu mengaktifkan fitur penambatan internet Bluetooth di perangkat BlackBerry 10, lalu pilih nama perangkat komputer yang muncul di menu penambatan internet BlackBerry, dan secara otomatis kedua perangkat akan saling terhubung.

Sedangkan untuk perangkat Android semacam Evercoss, Advan dan beberapa merk perangkat handphone lainnya tak memiliki driver Bluetooth khusus yang menyebabkan koneksi jaringan melalui penambatan internet Bluetooth tidak akan tersambung secara otomatis.

Maka dari itu, kita perlu melakukan beberapa setting-an pada komputer supaya kita dapat menghubungkan jaringan antara handphone dengan laptop melalui penambatan internet Bluetooth.

Pertama, hubungkan Bluetooth handphone di Android kamu dengan laptop.

Untuk caranya mungkin kamu sudah tahu, sehingga kita akan langsung saja menuju ke point penting yaitu pastikan handphone Android kamu telah berada di daftar Devices and Printers (Windows7). Misalnya handphone kamu adalah Evercoss U55 Winner Y Smart Plus dengan nama Bluetooth U55, maka di situ akan tampil dengan nama U55.

Kembali ke handphone kamu. Di pengaturan jaringan biasanya terdapat menu Lainnya, dan di situ lah letak tombol untuk mengaktifkan penambatan internet. Kamu pilih penambatan internet Bluetooth, lalu aktifkan.

Sekarang kita kembali ke laptop. Masuk ke Control Panel » Hardware and Sound » Devices and Printers. Pilih nama Bluetooth handphone kamu.

Di samping icon handphone biasanya terdapat tanda seru di dalam segitiga berwarna kuning sebagai tanda peringatan bahwa driver untuk perangkat tersebut tidak terinstal dengan baik atau tidak cocok dengan perangkat atau Bluetooth Peripheral Device. Kamu abaikan saja ini karena menurut pengalaman alezof hal ini tidak berpengaruh apapun untuk koneksi Bluetooth antara handphone dengan komputer jika hanya digunakan untuk mengirim file.

Setelah itu, kamu boleh klik kanan pada icon handphone kamu hingga muncul pop up pilihan. Sorot pada Connect using hingga muncul pop up baru, kemudian klik pada Access point. Komputer akan melakukan konfigurasi hingga status menunjukkan Connection successful yang artinya penambatan internet Bluetooth berhasil dan boleh digunakan.

Connect Using Access Point

Lihat status jaringan di komputer laptop. Jika terdapat tulisan Network Internet access, berarti penambatan internet Bluetooth telah terhubung. Begitupun di handphone kamu akan terdapat pemberitahuan bahwa handphone sedang berbagi koneksi internet.

Internet Access

Apabila status jaringan menunjukkan Network No internet access, maka itu tandanya komputer laptop masih menunggu jaringan terhubung. Kamu tunggu saja beberapa saat hingga status berubah menjadi Network Internet access.

Akan tetapi bila tak ada koneksi apapun yang biasanya ditunjukkan dengan status No connection available, maka itu tandanya jaringan tidak terhubung. Dan untuk solusinya yaitu kamu boleh ulangi cara di atas dari awal atau boleh juga lakukan tips berikut ini Solusi untuk driver Bluetooth Android not found di Windows7.

Catatan

Penambatan internet Bluetooth di perangkat Android kinerjanya tidak terlalu stabil dibandingkan dengan penambatan internet Bluetooth di perangkat BlackBerry 10. Hal ini disebabkan karena koneksi antar perangkat sering terputus.

© aLezof

Artikel Menarik Lainnya

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu akan dimoderasi terlebih dahulu, jadi mohon bersabar ya..