Solusi untuk driver Bluetooth Android not found di Windows7

Ketika perangkat handphone Android dihubungkan ke komputer sebagai perangkat Bluetooth, biasanya komputer akan secara otomatis menginstal driver untuk Bluetooth Peripheral Device. Akan tetapi, penginstalan akan mengalami kegagalan dengan status no driver found.

Entah apa problem yang dihadapi OS Windows7 ini karena bahkan perangkat BlackBerry 10 yang memiliki driver Bluetooth sendiri pun masih saja tidak dapat ditemukan dengan notifikasi Bluetooth Peripheral Device X no driver found. Apalagi untuk perangkat Android yang tidak memiliki driver Bluetooth khusus yang mana hal ini menyebabkan perangkat Bluetooth yang ada di daftar Devices and Printers akan mendapatkan lambang segitiga berwarna kuning dengan tanda seru di dalamnya sebagai tanda bahwa perangkat tersebut bermasalah.

Walaupun sebenarnya tidak menjadi masalah untuk koneksi Bluetooth antar kedua perangkat jika hanya melakukan transfer file. Akan tetapi, dampak lainnya yaitu bila kita menghubungkan jaringan dari handphone ke komputer melalui penambatan internet Bluetooth, maka koneksi tidak akan secara otomatis terhubung melainkan harus mengatur beberapa settingan lagi.

Okay, jika memang hal tersebut membuat koneksi perangkat bermasalah, maka kamu boleh lakukan hal berikut untuk mengupdate driver Bluetooth dan menghilangkan tanda peringatan di perangkat Bluetooth tersebut. Kecuali jika memang tidak bermasalah, maka tak perlu lakukan hal ini.

Apabila komputer menginstal driver Bluetooth Peripheral Device secara otomatis untuk handphone yang dihubungkan ke komputer sebagai perangkat Bluetooth, sedangkan penginstalan driver tersebut gagal atau tidak ditemukan, maka solusinya yaitu instal driver Bluetooth secara manual.

Caranya :

(khusus Windows7)

  1. Masuk ke Control Panel » Hardware and Sound » Devices and Printers. Pilih perangkat Bluetooth handphone yang bermasalah.

  2. Klik kanan pada perangkat tersebut, lalu klik Properties.

  3. Pilih tab Hardware, lalu klik tombol Properties.

  4. Klik tombol Update Driver, lalu pilih Browse my computer for driver software.

  5. Pilih Let me pick from a list of device drivers on my computer, lalu klik tombol Next.

  6. Pada daftar pilihan hardware yang muncul, pilih Ports (COM & LPT), lalu klik tombol Next.

  7. Tunggu beberapa saat hingga muncul daftar penyedia driver. Pilih Microsoft di sebelah kiri daftar, dan pilih Standard Serial over Bluetooth link di sebelah kanan, lalu klik tombol Next.

  8. Selesai.

Bila di sana terdapat lebih dari 2 driver yang diberi tanda peringatan, maka kamu boleh mengupdate semua driver seperti cara di atas bilamana satu driver tidak cukup untuk memperbaiki masalah.

© aLezof

Artikel Menarik Lainnya

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu akan dimoderasi terlebih dahulu, jadi mohon bersabar ya..