Penyebab dan solusi LCD handphone bergaris

LCD handphone bergaris bisa disebabkan oleh banyak hal, beda penyebab maka beda pula cara memperbaikinya sehingga tidak semua cara yang tersebar di internet bisa dijadikan solusi untuk kerusakan LCD bergaris handphone kamu, baik itu di blog maupun di Youtube.

Maka dari itu, di sini sambil mengingatkan kepada kamu yang saat ini sedang mencari solusi mengenai bagaimana cara memperbaiki kerusakan handphone LCD bergaris, untuk terlebih dahulu memahami akar permasalahannya, kenapa LCD handphone kamu bisa bergaris seperti itu.

LCD handphone bergaris yang biasanya berwarna warni untuk garis yang kecil dan berwarna putih untuk garis yang besar pada kenyataannya memang dikarenakan LCD tersebut tertekan, entah itu terhimpit di dalam saku celana ketat ataupun terduduki.

Komposisi dari LCD itu sendiri terdiri dari beberapa material yang salah satunya yaitu plastik LCD tipis yang berwarna warni, kemudian dilindungi oleh kaca. Sehingga apabila kaca tersebut tertekan dengan kekuatan yang tepat, maka dia akan menempel lebih lekat pada plastik LCD.

Kerusakan seperti ini bukan hanya terjadi pada LCD lokal saja melainkan juga pada LCD bawaan.

Solusi

Walaupun kita tahu bahwa penyebabnya adalah tertekan, belum tentu solusinya sama karena seperti pada kasus LCD bergaris pada handphone Samsung Galaxy J1 Ace yang aLezof perbaiki ini, solusinya adalah dengan menggantinya dengan LCD yang baru.

Karena apa?

LCD handphone Samsung Galaxy J1 Ace pada kasus ini merupakan LCD lokal alias bukan LCD bawaan, yang tentu saja LCD ini sudah diganti sehingga wajar saja jika kualitasnya kurang bagus.

Terlebih lagi, handphone ini digunakan oleh anak kecil. Di samping untuk belajar online, handphone ini juga digunakan untuk bermain game sepanjang hari dari pagi hingga sore hingga panas.

Dikarenakan terlalu fokus bermain game, maka tekanan yang diberikan kepada LCD handphone tidak terkontrol sehingga dengan tanpa sadar LCD tertekan dengan kekuatan yang tepat. Hingga akhirnya LCD rusak dan memunculkan garis-garis berwarna warni pada layar, bahkan bekas dari tekanan tersebut meninggalkan bercak hitam atau dent pada LCD.

Lebih parah lagi, ketika baterai handphone hampir habis, justru handphone masih digunakan bermain game sambil dicharge sehingga bukan hanya LCD melainkan touchscreen juga terkena dampaknya sehingga ketika disentuh agak sedikit ngaco.

Gejala dari LCD bergaris pada handphone ini juga berbeda-beda tergantung seberapa parah tingkat kerusakannya.

Pada Samsung Galaxy J1 Ace ini, ketika dihidupkan hanya terdapat garis-garis tipis berwarna hijau di sebelah kiri, sedangkan bagian lainnya tak ada garis satupun.

Kemudian setelah handphone memasuki menu, mulailah tampak garis-garis tersebut memenuhi seluruh layar dengan ukuran garis cukup besar dan vertikal dari atas ke bawah. Tak berapa lama digunakan, garis-garis tersebut menjadi semakin tampak jelas. Jadi semakin handphone panas, maka semakin jelaslah garis-garis tersebut.

Sehingga, kesimpulannya adalah penyebab LCD tersebut rusak bukan hanya karena tertekan tapi juga karena kepanasan atau overheat.

Pemakaian seperti itu yang menyebabkan LCD handphone bergaris dapat dengan mudah kita cari solusinya yaitu dengan mengganti LCD handphone dengan LCD yang baru, sehingga hal ini boleh kamu lakukan jika penyebabnya sama dengan uraian di atas.

Solusi dari sumber lain

Apabila gejala dan penyebab yang kamu alami berbeda, maka solusi di atas bukanlah solusi satu-satunya. Bahkan bukan solusi akhir karena boleh jadi LCD bergaris pada handphone bisa juga disebabkan oleh komponen hardware yang rusak.

Beberapa sumber di internet, baik itu dari forum, situs, blog maupun Youtube mengatakan bahwa LCD bergaris pada handphone dapat diperbaiki dengan cara-cara sebagai berikut :

(Cara sederhana walaupun tidak masuk akal)

  • Mematikan handphone sejenak kemudian menyalakannya kembali.

  • Memulai ulang handphone.

  • Mengembalikan handphone ke setelan pabrik.

  • Lepaskan socket LCD (hanya bila socket mudah dilepas, sebaliknya jangan memaksakan) kemudian pasang kembali.

Cara yang lebih teknikal

Adalah dengan melepaskan LCD dari handphone, kemudian tes LCD tersebut sebelum kembali dipasangkan dan direkatkan menggunakan lem. Hal ini biasanya berlaku hanya untuk LCD lokal karena biasanya pemasangan LCD lokal tidak disertai dengan kerapian sehingga terkadang LCD terlalu tertekan saat proses perekatan menggunakan lem.

Hal ini sering terjadi pada LCD lokal karena konstruksi dari LCD fullset lokal sangat jauh berbeda dengan LCD fullset bawaan atau yang juga sering disebut sebagai LCD original.

LCD fullset lokal, ketika dipasangkan ke handphone, dia tidak akan pas, pasti tidak akan pas karena ukuran LCD maupun touchscreen tidak sama.

Biasanya, LCD fullset lokal memiliki ukuran LCD yang lebih tebal dengan touchscreen yang panjangnya lebih pendek, keduanya berselisih beberapa milimeter saja.

Tak hanya itu, LCD fullset bawaan memiliki alas yang menempel, baik pada bagian LCD maupun touchscreen, yang mana alas atau dasar ini bahannya hampir sama dengan double tape busa.

Sehingga pada saat pemasangan, terjadi ketidakcocokan khususnya pada bagian touchscreen yang menempel ke body atau frame LCD handphone.

Bagian touchscreen ini akan memiliki ruang kosong yang rata-rata oleh para teknisi diisi dengan lem yang banyak, sehingga terkadang bagian ini lebih menjorok ke dalam, dan inilah yang menyebabkan LCD tertekan. Biasanya terjadi pada bagian atas.

Akan tetapi, untuk melepaskannya diperlukan teknik khusus dan tidak disarankan untuk kamu membukanya oleh sendiri karena selain membutuhkan keterampilan, pun LCD fullset lokal ini terbuat dari bahan yang mudah retak.

Tips mengganti LCD handphone sendiri

Apabila kamu ingin menggantinya oleh sendiri dan mengandalkan tutorial di internet melalui Youtube, maka sebelum berjalan, di bawah ini terdapat beberapa tips yang mungkin berguna.

  • Bilamana kamu belum sepenuhnya yakin akan penyebab LCD bergaris pada handphone kamu, apakah itu dikarenakan LCD-nya memang rusak ataukah terdapat komponen hardware yang tidak bekerja dengan baik, maka disarankan untuk membeli LCD di toko sparepart handphone offline dan usahakan untuk dicoba di toko terlebih dahulu supaya kamu tahu sebenarnya bagian mana yang mengalami kerusakan.

  • Ingat, hasil tidak akan selalu sama antara tutorial di Youtube dengan praktek yang kamu kerjakan karena itu tergantung pada kondisi dan keahlian.

Semoga bermanfaat.


© aLezof

Artikel Menarik Lainnya

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu akan dimoderasi terlebih dahulu, jadi mohon bersabar ya..