Cara membagikan file aplikasi apk ke WhatsApp versi baru di Android dan BlackBerry 10 dengan mudah

Seperti yang kita tahu bahwa file apk ini adalah file mentah dari aplikasi yang kompatibel untuk perangkat Android dan BlackBerry 10.

Sehingga apabila kamu bermaksud ingin membagikan aplikasi yang terinstal di perangkat Android dan BlackBerry 10 melalui WA atau WhatsApp, maka kamu harus memiliki file mentah dari aplikasi tersebut.

Apabila kamu belum tahu cara mendapatkan file mentah aplikasi yang terinstal di perangkat Android (hanya di perangkat Android, tidak di perangkat BlackBerry 10), maka aLezof beritahukan bahwa untuk mendapatkannya kamu perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Back up & Restore yang boleh kamu dapatkan di Google Play Store.

Cara mendapatkan file mentah aplikasi di perangkat Android untuk dibagikan ke WhatsApp

Setelah aplikasi Back up & Restore terinstal, buka, dan kamu akan mendapati daftar aplikasi yang terinstal di perangkat Android kamu.

Setelah itu, mulailah pilih aplikasi yang ingin dicadangkan yang nantinya akan menjadi file mentah berekstensi .apk. Setelah dicadangkan, buka tempat penyimpanan cadangan.

Bila tak tahu di folder mana itu disimpan, maka kamu boleh lihat di pengaturan penyimpanan pada menu aplikasi Back up & Restore.

Selesai, kini kamu mempunyai file mentah aplikasi yang terinstal di perangkat Android berekstensi .apk. Contohnya, Opera mini.apk.

Sebagai catatan

Cara ini tidak berlaku untuk perangkat BlackBerry 10 karena aplikasi yang diinstal di perangkat BlackBerry 10 secara otomatis akan membuat file mentah sendiri di folder downloads. Bahkan jika aplikasi tersebut diinstal dari Google Play Store.

Cara membagikan file apk ke WhatsApp di Android dan BlackBerry 10

Pastikan aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan adalah versi terbaru, yang mana saat ini adalah versi 2.20.206.24 karena untuk versi-versi sebelumnya, WhatsApp tidak bisa digunakan untuk berbagi file apk, kecuali menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Caranya :

  1. Buka folder tempat menyimpan file apk di penyimpanan perangkat handphone.

  2. Cari file apk yang akan kamu bagikan ke WhatsApp.

  3. Apabila file apk yang akan dibagikan sudah ditemukan, sentuh dan tahan file tersebut hingga muncul pilihan.

  4. Pilih dan klik Bagikan, hingga muncul pilihan aplikasi yang menjadi tujuan berbagi.

  5. Pilih dan klik WhatsApp hingga aplikasi WhatsApp terbuka dan menampilkan daftar kontak untuk berbagi.

  6. Pilih kontak tujuan, kemudian tekan tombol kirim di bagian bawah, dan selesai.


© aLezof

Artikel Menarik Lainnya

Post Terbaru Post Sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar kamu akan dimoderasi terlebih dahulu, jadi mohon bersabar ya..